Senin, 23 Januari 2017

SERVER ?

client-server



Selamat SIANG^^

Pada hari ini saya akan berbagi hasil belajar saya pada hari ini, yaitu sebagai berikut ini.


A. PENGERTIAN

Apa itu Server ?

Server adalah program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsi untuk program atau perangkat lain, yang disebut  "client ".

B. SEJARAH

Bagaimana Sejarah Sever?

Penggunaan server dalam komputasi berasal dari teori antrian , yang di mana dimulai pada abad ke-20 pertengahan, yang terutama digunakan dalam Kendall (1953) (bersama dengan "layanan"), kertas yang diperkenalkan notasi Kendall . Dalam makalah sebelumnya, seperti Erlang (1909), istilah yang lebih konkret seperti "[telepon] operator" digunakan.

Dalam komputasi, "server" tanggal setidaknya RFC 5 (1969), salah satu dokumen paling awal menggambarkan ARPANET (pendahulu dari Internet ), dan kontras dengan "user", membedakan dua jenis inang : "server=tuan rumah "dan" user=tuan ". Penggunaan "melayani" juga tanggal dokumen awal, seperti RFC 4 , kontras "melayani-tuan" dengan "menggunakan host".

C. TUJUAN

Apa Tujuan adiciptakannya sebuah Server ?

Tujuan dari diciptakannya server adalah untuk berbagi data serta berbagi sumber daya dan mendistribusikan karya. Sebuah komputer server dapat melayani program komputer sendiri juga tergantung pada skenario, ini bisa menjadi bagian dari quid pro quo transaksi, atau hanya kemungkinan teknis. 

D. JENIS SERVER

Apa saja jenis dari Server?

1. Server Aplikasi
       Host aplikasi web (program komputer yang berjalan di dalam browser web) yang memungkinkan pengguna dalam jaringan untuk menjalankan dan menggunakan mereka, tanpa harus menginstal salinan pada komputer mereka sendiri. Tidak seperti apa nama mungkin menyiratkan, server ini tidak perlu menjadi bagian dari world wide web untuk setiap jaringan lokal yang akan dilakukan. Client komputer dengan web browser.

2. Server Katalog
    Server ini bertujuan untuk mempertahankan indeks atau daftar isi dari informasi yang dapat ditemukan di seluruh jaringan terdistribusi besar, seperti komputer, pengguna, file bersama pada file server, dan aplikasi web. Pengguna program komputer yang perlu untuk menemukan sesuatu pada jaringan, seperti anggota Domain mencoba untuk log in, sebuah klien email mencari alamat email, atau pengguna mencari file.

3. Server Komunikasi
      Server ini bertujuan untuk mempertahankan lingkungan yang dibutuhkan untuk satu titik akhir komunikasi (user atau perangkat) untuk menemukan titik akhir lain dan berkomunikasi dengan mereka. Ini mungkin atau mungkin tidak termasuk direktori endpoint komunikasi dan layanan deteksi kehadiran, tergantung pada keterbukaan dan keamanan parameter jaringan. Client menggunakan komunikasi endpoint.

4. Server Computing
    Bertujuan untuk memiliki saham sejumlah besar sumber daya komputasi, terutama CPU dan memory random-access , melalui jaringan karna setiap program komputer yang membutuhkan daya CPU lebih dan RAM dari komputer pribadi mungkin mampu. klien harus menjadi jaringan komputer jika tidak, tidak akan ada model client-server.

5. Database Server 
       Untuk mempertahankan saham yang berbentuk basis data (terorganisir koleksi data dengan sifat yang telah ditetapkan yang dapat ditampilkan dalam sebuah tabel) melalui sebuah jaringan. Server ini biasanya digunakan pada Spreadsheet , software akuntansi , software manajemen aset atau hampir semua program komputer yang mengkonsumsi data yang terorganisir dengan baik, terutama dalam volume besar.

6. Fax Server
    Untuk berbagi satu atau lebih mesin fax melalui jaringan, sehingga menghilangkan kerumitan akses fisik pada setiap pengirim fax atau penerimaan fax.

7. File Server
     Bertujuan untuk mempertahankan saham file dan folder, ruang penyimpanan untuk menyimpan file dan folder, atau keduanya, melalui jaringan. Sedangkan jaringan komputer adalah klien yang dituju, meskipun program lokal dapat menjadi klien.

8. Server Game
       Untuk memungkinkan beberapa komputer atau perangkat game untuk bermain game multiplayer. Disini Clientnya adalah komputer atau pribadi konsol game.

9. Mail Server
     Untuk membuat email agar dapat berkomunikasi dan memungkinkan cara yang sama bahwa kantor pos membuat surat siput komunikasi baik melalui Pengirim atau penerima email.

10. Server Media
       Bertujuan untuk mempertahankan saham video digital atau audio digital melalui jaringan melalui media streaming (transmisi konten dalam cara yang bagian menerima dapat menonton atau mendengarkan saat mereka tiba, sebagai lawan men-download file besar secara keseluruhan dan kemudian menggunakannya). Client dari server ini adalah komputer pribadi pengguna-menghadiri dilengkapi dengan monitor dan speaker.

11. Server Cetak
        Untuk mempertahankan saham satu atau lebih printer melalui jaringan, sehingga menghilangkan kerumitan akses fisik. Clientnya adalah printer.

12. Server Suara
       Bertujuan untuk memungkinkan program komputer dari komputer untuk memainkan suara dan merekam suara, secara individu atau kooperatif. Clientnya adalah merupakan program komputer dari komputer yang sama.

13. Server Proxy
        Server ini bertindak sebagai perantara antara klien dan server yang menerima lalu lintas masuk dari klien dan mengirimnya ke server. Alasan untuk melakukannya termasuk kontrol konten dan penyaringan, meningkatkan kinerja lalu lintas, mencegah akses jaringan yang tidak sah atau hanya routing lalu lintas yang melalui jaringan yang besar dan kompleks. Kliennya adalah setiap komputer yang terhubung jaringan.

14. Web Server
        Sebuah web server adalah apa yang membuat dunia wide web mungkin. Setiap situs memiliki satu atau lebih server web. Clientnya adalah komputer dengan web browser.

E. KEBUTUHAN HARDWARE SERVER

Persyaratan hardware (perangkat keras) untuk server itu bervariasi, tergantung pada tujuan server dan software-nya atau sistem operasi yang akan digunakan untuk server.

Karena server biasanya diakses melalui jaringan, banyak dijalankan tanpa pengawasan tanpa monitor komputer atau perangkat input, perangkat keras audio dan USB interface. Banyak server tidak memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI). Mereka dikonfigurasi dan dikelola dari jarak jauh. Manajemen remote termasuk MMC , SSH atau browser web .

F. LATAR BELAKANG
Saya menulis blog ini karena saya ingin mendokumentasikan hasil belajar saya pada hari ini.
G. MAKSUD DAN TUJUAN

  • Dapat mengetahui Pengertian Server
  • Dapat mengetahui Sejarah Server
  • Dapat mengetahui Jenis, Tujuan dan Fungsi dari Server 
  • Dapat mengetahui spesifikasi kebutuhan hardware server
H. REFERENSI




0 komentar:

Posting Komentar